Thursday, 12 December 2019

Inilah Pengertian Dan Manfaat Pasir Sungai

Inilah Pengertian Dan Manfaat Pasir Sungai Yang Perlu Anda Ketahui. Pasir adalah bahan material yang berbentuk butiran. Materi pembentuk pasir adalah silikon dioksida, tetapi di beberapa pantai tropis dan subtropis umumnya dibentuk dari batu kapur.

Pasir memiliki rongga-rongga yang cukup besar, sehingga hanya beberapa tanaman saja yang mampu tumbuh di atas pasir.

Pasir merupakan bahan bangunan yang cukup berpengaruh baik mulai struktur paling bawah hingga struktur paling atas dalam material bangunan.

Berikut adalah tipe-tipe pasir berdasarkan tingkat kualitasnya.

  • Pasir Merah

Pasir merah atau orang Sukabumi dan Cianjur biasa menamainya dengan Pasir Jebrod biasanya digunakan untuk bahan cor karena memiliki ciri lebih kasar dan batuannya agak lebih besar.

  • Pasir Elod

Hal yang menjadi ciri khas dari pasir elod adalah apabila Anda mengepal pasir jenis ini maka ia akan menggumpal dan tidak akan puyar kembali. Pasir ini memiliki campuran tanah yang warnanya hitam. Jenis pasir ini tidak bagus untuk bangunan. Kegunaan pasir ini biasanya hanya untuk campuran pasir beton agar bisa digunakan untuk plesteran dinding, atau campuran untuk pembuatan batako.

pasir urug adalah, pasir bangunan, jenis pasir bangunan, pasir cor, pasir beton harga, pasir mundu, pengertian kerikil, manfaat pasir


  • Pasir Pasang

Pasir pasang memiliki ciri yang tidak jauh beda dengan pasir elod. Ciri khasnya  pun sama dengan pasir elod, yaitu apabila dikepal akan menggumpal dan tidak bisa kembali seperti semula. Pasir pasang memiliki tekstur yang lebih halus daripada pasir beton. Pasir pasang biasa digunakan untuk campuran pasir beton agar teksturnya tidak terlalu kasar sehingga bisa dipakai untuk plesteran dinding.

pasir urug adalah, pasir bangunan, jenis pasir bangunan, pasir cor, pasir beton harga, pasir mundu, pengertian kerikil, manfaat pasir


  • Pasir Beton

Ciri dari pasir beton ialah warnanya yang hitam dan butirannya yang cukup halus. Bedanya dengan pasir pasang dan pasir elod, apabila dikepal ia tak akan menggumpal dan akan puyar kembali. Pasir ini baik digunakan untuk pengecoran, plesteran dinding, pondasi, pemasangan bata dan batu.

pasir urug adalah, pasir bangunan, pasir cor, pasir beton harga, manfaat pasir


  • Pasir Sungai

Sesuai dengan namanya, pasir ini dapat diperoleh di sungai yang merupakan kikisan dari batu-batuan sungau yang keras dan tajam. Biasanya pasir sungai digunakan untuk bahan campuran saja.

pasir urug adalah, pasir bangunan, jenis pasir bangunan, pasir cor, pasir beton harga, pengertian kerikil, manfaat pasir

Pasir memiliki banyak fungsi untuk material bangunan, yaitu:

1.   Material urugan/pasir urug

Sebagai material urugan, pasir berfungsi untuk mengurug bawah pondasi, pasir urug bawah lantai dan juga bisa digunakan untuk pasangan paving block.


2.   Material mortal atau spesi/pasir pasangan

Material mortal atau spesi berfungsi sebagai adukan untuk lantai kerja, pasangan pondasi batu kali, pasangan dinding bata, spesi untuk pemasangan keramik dinding, spesi untuk pasangan batu alam dan bisa juga untuk plesteran dinding.

3.   Material campuran beton/pasir cor

Material campuran beton digunakan untuk campuran beton bertulang maupun tidak bertulang. Bisa juga digunakan dalam struktur pondasi beton bertulang, cor dak, ring balok, lantai kolom, sloof, dan lain-lain.

Hasil Pencarian : pasir urug adalah, pasir bangunan, jenis pasir bangunan, pasir cor, pasir beton harga, pasir mundu, pengertian kerikil, manfaat pasir


EmoticonEmoticon