Jenis Tanah Untuk Bangunan

Tanah merupakan bagian kerak bumi yang tersusun atas mineral dan bahan organik.Tanah berperan dalam kehidupan makhluk hidup di bumi untuk perkembangan tumbuhan dengan menyediakan hara, air, dan elemen-elemen yang diperlukan tumbuhan untuk tumbuh sekaligus sebagai penyangga akar.

Tanah juga menjadi habitat hidup bagi makhluk mikroorganisme. Bagi beberapa hewan darat, tanah menjadi tempat untuk hidup dan bergerak. Dari segi klimatologi, tanah memiliki peranan penting sebagai penyimpan air dan menekan pengikisan. Selain itu, manusia juga memanfaatkan tanah untuk bercocok tanam, pembangunan, kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

Cek : Harga Jasa Urug Tanah Terbaru 2019

Jenis Tanah dan Tipe Tanah Untuk Bangunan

  • Tanah Padas
Tanah padas memiliki tingkat kepadatan yang amat tinggi. Strukturnya terdiri dari lapukan batuan induk dengan kandungan organik tanah yang rendah malah hampir tidak ada. Hal ini dikarenakan mineral yang terkandung di dalam tanah ini telah dikeluarkan oleh air yang berada di lapisan atasnya.

Membuat Pondasi Sesuai Jenis Tanah

  • Tanah Cadas
Batu merupakan kumpulan butir-butir mineral alam yang saling terkait erat dan kuat, sehingga sulit untuk dilepaskan. Padahal tanah merupakan kumpulan butir-butir mineral alam yang tidak melekat atau melekat tidak erat, sehingga amat mudah untuk dipisahkan, sedangkan cadas merupakan peralihan antara batu dan tanah.

Mengenal Jenis-jenis Tanah Dan Lahan untuk Lahan Hunian
Karakteristik tekstur tanah cadas amat kokoh tetapi sulit meresap air, sehingga tidak layak untuk sektor pertanian. Tanah cadas digunakan untuk pondasi infrastruktur bangunan berukuran besar seperti gedung-gedung bertingkat. Tanah cadas dapat ditemukan di hampir seluruh tempat di Indonesia.

  • Tanah Pasir
Tanah pasir merupakan tanah dengan partikel berukuran besar. Tanah ini terbentuk dari batuan-batuan beku serta batuan sedimen yang memiliki butiran besar dan kasar atau yang kerap disebut dengan kerikil. Tanah pasir memiliki kapasitas serat air yang rendah karena sebagian besar tersusun atas partikel berukuran 0,02 sampai 2 mm.

Jenis-Jenis Tanah untuk Tanaman dan Material Bangunan

Pemilihan tanah pasir untuk bangunan memiliki imbas yang sangat besar terhadap ketahanan bangunan. Permasalahan yang kerap timbul ketika mengaplikasikan tanah pasir untuk bangunan adalah sering mengalami penurunan yang tidak merata.

  • Tanah Humus
Tanah humus merupakan tanah yang terbentuk dari pelapukan daun dan batang pohon. Tanah ini amat subur dan amat layak untuk digunakan sebagai lahan untuk menanam tanaman. Tanah humus bagus digunakan untuk pertamanan.

Pengaruh Jenis Tanah Terhadap Kestabilan

  • Tanah Aluvial (Tanah Endapan)
Tanah aluvial merupakan tanah yang terbentuk dari pengendapan lumpur sungai dan terletak di dataran rendah. Tanah ini amat layak untuk lahan pertanian karena tanah ini juga amat subur. Anda dapat menjumpai tanah tipe ini di tempat Sumatra bagian timur, jawa dan papua.

JENIS JENIS TANAH : Pengertian, Karakteristik, Sifat, Manfaat

Manfaat tanah aluvial ialah melancarkan irigasi, berfungsi sebagai lahan pertanian, dapat menyimpan cadangan air, mempermudah dalam mengolah tanah untuk ditanami dan bercocok tanam.


EmoticonEmoticon