Prosedur Kerja Cut and Fill Tanah

Pada suatu proyek konstruksi sebelum diawali dengan aktivitas penggalian tanah biasanya dibuat gambar peta contour dari tanah asli agar pekerjaan cut and fill nantinya bisa diperhitungkan.

Persiapan pekerjaan yang akan dijalankan, dibutuhkan persiapan peralatan dan daya kerja. Persiapan perlengkapan berupa: alat berat, bahan bakar, alat ukur, dan peralatan lainnya. Persiapan daya kerja yang diperlukan merupakan daya kerja yang handal dan sudah berpengalaman dalam melaksanakan proyek yang serupa.

Pekerjaan Persiapan Cut and Fill Tanah


  • Mobilisasi dan Demobilisasi
Menjalankan pekerjaan hal yang demikian dibutuhkan excavator, stum walles dan peralatan bantu lainnya. Dalam tahap pekerjaan ini juga termasuk pengadaan bahan-bahan bangunan dan material yang diperlukan untuk tahap pekerjaan berikutnya.


  • Pembuatan Kantor Lapangan dan Fasilitas
Pekerjaan pembuatan kantor lapangan sementara serta fasilitas lainnya ini dijalankan oleh sebagian orang tukang kayu.

rab cut and fill xls, cara menghitung anggaran biaya pekerjaan cut and fill, rab pekerjaan cut and fill xls


  • Penerangan Lapangan
Penyedian perlengkapan-perlengkapan penerangan seperti lampu, genset dan lainnya untuk mendorong kebutuhan pekerjaan di lapangan.


  • Pekerjaan Pengukuran
Pekerjaan pengevaluasian yang terdiri dari pengevaluasian pendahuluan dan pengevaluasian Prestasi jasmaniah pekerjaan dilapangan. Pada tahap pekerjaan ini juga dijalankan dokumentasi kondisi awal lapangan.

harga cut and fill per m3 2019, pekerjaan cut and fill adalah, rab cut and fill xls, cara menghitung anggaran biaya pekerjaan cut and fill, rab pekerjaan cut and fill xls


  • Kelengkapan Pekerjaan dan Sarana Komunikasi
Persiapan kelengkapan kerja dan sarana komunikasi yang diperlukan di kantor lapangan ataupun untuk kebutuhan pekerjaan di lapangan.


  • Pekerjaan Pembuatan Drainase Sementara
Drainase sementara dijadikan disekitar area timbunan dan jalan yang bertujuan untuk pembuangan/mengalirkan air yang ada pada timbunan tanah.



  • Pengerasan Jalan PKS
Pekerjaan seluruh badan jalan di pancang dengan tiang galam, dilanjutkan dengan melakukan penimbunan tanah. Penimbunan dijalankan dengan menggunakan excavator dan dipadatkan memakai stum walles sambil disiram memakai air supaya didapatkan kepadatan optimal.


Pekerjaan Pembersihan Lokasi / Top Soil

Pekerjaan Pembersihan di lokasi tapak pabrik dan kolam limbah dijalankan menggunakan excavator. Pekerjaan ini mencakup: pembersihan lokasi dari tanaman/semak dan pohon dan pengupasan lapisan humus.

Pekerjaan Galian Dan Timbunan


  • Pekerjaan Galian Kolam Limbah
Pekerjaan galian dan timbunan tanah diawali dengan menjalankan galian pada lokasi kolam limbah. Galian tanah ini diaplikasikan untuk pekerjaan timbunan areal tapak pabrik dan timbunan areal kolam limbah itu sendiri.


  • Pemindahan Galian untuk Pekerjaan Timbunan Tapak Pabrik 
Selanjutnya adalah pekerjaan pemindahan tanah galian. Pemindahan tanah galian ini dijalankan dari lokasi kolam limbah ke areal tapak pabrik untuk diwujudkan tanah timbunan.

pekerjaan cut and fill adalah, rab cut and fill xls, cara menghitung anggaran biaya pekerjaan cut and fill


  • Pekerjaan Perataan dan Pemadatan Timbunan Tapak Pabrik 
Pada pekerjaan ini dijalankan perataan dan pemadatan pada timbunan. Pekerjaan perataan dan pemadatan ini dijalankan dengan excavator.


  • Pekerjaan Perataan dan Pemadatan Timbunan Kolam Limbah
Tahap selanjutnya dipindahkan dari kolam limbah karena mulai dijalankan pekerjaan perataan dan pemadatan pada timbunan kolam limbah.


  • Pekerjaan Sisa Tanah Galian Untuk Timbunan
Pekerjaan ini dialamatkan untuk menambah timbunan pada tapak pabrik. Jika terjadi penurunan yang yang cukup banyak pada timbunan, maka perlu ditambah tanah timbunan lagi.


EmoticonEmoticon