Tips Memilih Batu Bata Merah untuk Menjadi Material Konstruksi Rumah

Tips Memilih Batu Bata Merah untuk Menjadi Material Konstruksi Rumah. Pasti sudah tidak asing lagi dengan batu bata merah. Ya, salah satu bahan material bangunan yang kerap digunakan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia ketika membangun sebuah bangunan.

Meskipun batu bata merah menjadi satu dari sekian material yang diperlukan untuk bangunan, bukan berarti boleh diremehkan begitu saja karena bata merah merupakan bahan material pendukung yang juga penting.

Bagaimana cara memilih batu bata merah yang memiliki kwalitas yang bagus dan berkwalitas? Baca tips dibawah ini.

bata merah ukuran, bata merah expose, bata ringan, batako

Observasi Ukuran dan Formatnya

Sebagian besar batu bata merah berbentuk balok dengan ukuran sekitar 5 cm x 8 cm x 20 cm. Batu bata merah yang baik mempunyai ciri diantaranya ukurannya simetris dan wujudnya beraturan. Selain itu, pori pada permukaan bata merah juga mesti cukup rapat sehingga efeknya tembok tidak akan gampang rembes oleh air.


  • Cek Kekuatan dan Bunyi Benturan
Cra mengetes kekuatan dan bunyi benturan pada batu bata merah adalah dengan membenturkan dua buah batu bata merah. Jika suaranya nyaring maka bata merah tersebut memiliki kwalitas yang baik. Selain benturan antar bata, Anda dapat juga memukulkan besi pada batu bata merah. Jika suaranya nyaring maka kwalitas bata merah tersebut juga tidak perlu diragukan lagi.

bata merah ukuran, bata merah expose, bata ringan, batako


  • Merendamnya dalam air atau membelahnya
Metode lain untuk mengecek apakah bata merah yang Anda pilih memiliki kwalitas yang baik atau tidak adalah dengan merendamnya dalam air. Jika dalam beberapa menit batu bata tampak berair keseluruhan berarti bata tersebut memiliki kwalitas yang tidak bagus. Sebaliknya, jika sesudah direndam tetap kering di beberapa bagiannya maka kwalitasnya baik.


  • Membelah batu bata
Selain merendamnya dengan air, Anda juga dapat mengecek kwalitas bata dengan cara membelahnya. Belah bata merah menjadi dua. Jika warna merahnya merata maka kwalitasnya terjamin. Sebaliknya jika tidak merata maka kemungkinan besarkwalitasnya jelek.

Jika kebetulan Anda telah terlanjur membeli bata merah dengan kwalitas kurang bagus, Anda dapat menggunakan tips berikut.

  1. Menerapkan adukan beton berkwalitas tinggi,
  2. Memasang besi tulangan yang kuat.


EmoticonEmoticon