Fungsi Urugan Pasir untuk Konstruksi Rumah Tahan Gempa

Rumah merupakan salah satu keperluan pokok manusia sesudah sandang dan pangan. Sebagaimana pangan yang mempunyai kaidah-kaidah yang mencakup empat sehat lima total, semacam itu juga dengan papan atau rumah, juga mempunyai kaidah-kaidah sesuai huni.


Agar bangunan mempunyai kehandalan, bangunan tersebut wajib memenuhi; keselamatan, kesehatan, kenyamanan, serta kemudahan.

Keselamatan bangunan mencakup prasyarat kecakapan bangunan gedung untuk mensupport bobot beban, yang mencakup bobot sendiri dan bobot yang dimunculkan oleh fenomena alam seperti angin dan gempa,

serta kecakapan bangunan gedung untuk mencegah dan menanggulangi adanya bahaya kebakaran dan bahaya petir.


Prinsip Dasar Bangunan Tahan Gempa

tiap-tiap bagian-bagian bangunan wajib terikat dengan kuat satu dengan yang lainnya, ikatan hal yang demikian mulai dari pondasi dengan :

  • Sloof
  • Sloof dengan kolom praktis
  • Kolom praktis dengan ring balok
  • Ring balok dengan rangka kuda-kuda.
Pada komponen pengisi

  • Dinding pasangan bata/batako wajib terikat dengan rangka kolom praktis
  • Kusen pintu dan jendela wajib terikat dengan dinding.
Kecuali konstruksi yang benar elemen kualitas bahan juga wajib mensupport, sebab pemilihan bahan yang kurang bagus, akan mengurangi daya bangunan, terutama pada ikatan-ikatan. Banyak bangunan yang ambrol bukan sebab konstruksi akan melainkan kualitas bahan bangunannya yang sungguh-sungguh rendah.

Salah satu spot konsentrasi dalam bangunan bendung gempa yakni Pasir Urug

Pentingnya urugan pasir terutama pada bawah pondasi (struktur) dan lantai dasar (non struktur) dalam kontruksi rumah/gedung tahan gempa.


Urugan pasir berguna untuk menstabilkan permukaan tanah dan menyebarkan bobot, sehingga bobot yang dipikul pada permukaan tanah merata.

Baca Juga : Cut and fill kontur

Urugan pasir bawah pondasi adalah pengurugan yang ditempatkan di permukaan lubang pondasi yang digali. Walaupun pengurugan bawah lantai ialah pengurugan permukaan tanah orisinil sebelum pemasangan keramik lantai. Ketebalan urugan pasir yang dipadatkan 5-10 cm sesuai dengan situasi tanah.

Jepang salah satu negara dengan rutinitas gempa paling tinggi, banyak ilmu dan penelitian lebih tinggi di negara hal yang demikian dalam menghadapi gempa, akan melainkan hal simpel yang tak mereka abaikan dalam pembangunan rumah/gedung ialah pasir urug bawah pondasi.


Pasir urug, item kecil dari sebuah bangunan memiliki fungsi yang sungguh-sungguh besar dalam sebuah konstruksi yang kerap kali sekali terbengkalai oleh mandor atau pengawas lapangan dalam pelaksanan pekerjaan pondasi.

Sebelum memproses bangunan, kadar lumpur dari pasir urug tak boleh lebih dari 5%  hal ini sungguh-sungguh memberi pengaruh fleksibilitas dari pasir tersebut.


EmoticonEmoticon