Keuntungan Menggunakan Global Mapper untuk Penghitungan Cut and Fill

Perhitungan Cut and Fill pada Global Mapper merupakan salah satu perangkat lunak yang cukup populer dan sering kali dipakai oleh kalangan praktisi GIS (geographics information system) atau orang-orang yang berkiprah di bidang pemetaan.

Salah satu keunggulan program ini adalah kompatibilitasnya yang banyak sekali dalam bentuk file, sehingga bisa dipakai oleh banyak orang dengan pengetahuan perangkat lunak lain yang berbeda-beda.

Perhitungan Cut and Fill pada Global Mapper

Penghitungan Cut and Fill

Global Mapper dari Intermap lebih dari sekedar alat penayang yang menampakkan arsiran, elevasi, atau kumpulan data vektor terkini,

perangkat ini juga bisa mengkonversi, mengedit, mencetak, melacak GPS, dan memungkinkan Anda menggunakan fungsi SIG pada kumpulan data Anda dalam satu paket perangkat lunak dengan biaya yang  rendah dan gampang dipakai.

Baca Juga :

File data Anda dapat diunggah sebagai lapisan. Misalnya, Model Elevasi Digital (DEM), dapat diunggah dengan peta topografis yang dipindai, untuk menciptakan tampilan 3D pada peta.

Citra udara digital bisa ditempatkan di atas permukaan bersama dengan vektor kontur untuk menciptakan gambar yang menakjubkan dan informatif.

Hasilnya dapat dicetak, atau area kerja dapat diekspor ke citra arsiran resolusi tinggi untuk digunakan dalam presentasi atau laporan.


Global Mapper bukan sekedar perangkat serbaguna, tetapi mempunyai fungsi built-in untuk perhitungan jarak dan zona, pembauran arsir dan penyesuaian kontras, memandang elevasi, dan perhitungan garis pandang,

serta kecakapan tingkat lanjut seperti rektifikasi citra, pembuatan kontur dari data permukaan, analisa tampilan arah aliran dari data permukaan, serta triangulasi dan mengerjakan gridding data spot 3D.

Tugas berulang bisa diatasi dengan mengaplikasikan fungsi bahasa script yang built-in atau konversi batch secara menyeluruh.



Keuntungan Menggunakan Global Mapper
Penghitungan Cut and Fill pada Global Mapper
  • Mengerjakan perhitungan jarak dan luas dengan cermat, pembauran arsir dan penyesuaian kontras, memandang elevasi, dan perhitungan garis pandang untuk mengoptimalkan presisi. 
  • Secara rutin menghemat waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan tugas berulang dengan mengaplikasikan fungsi bahasa script yang built-in dan konversi batch secara menyeluruh.
  • Cepat mendigitalkan fitur vektor baru, mengedit fitur yang telah ada, dan dengan gampang menaruhnya ke bentuk ekspor yang didorong. 
  • Gampang melacak tiap-tiap perangkat GPS yang kompatibel yang terhubung ke port serial komputer Anda lewat data yang diunggah, menandai waypoint tanpa sambungan, serta merekam log pelacakan.
  • Cepat mempertimbangkan interval kontur untuk tiap-tiap kombinasi data elevasi dengan fitur pembuat kontur tingkat lanjut.
  • Otomatis mengerjakan triangulasi dan grid kumpulan data spot 3D untuk mengkonversi figur kumpulan elevasi menjadi kumpulan data yang sepenuhnya di-grid.
  • Cepat menaruh isi layar menjadi file BMP, JPG, PNG, atau (Geo) TIFF, yang bisa Anda rektifikasi secara intuitif dan disimpan dalam citra baru yang sepenuhnya bisa dihasilkan georeferensi. 


EmoticonEmoticon