Pekerjaan Cut and Fill adalah

Pekerjaan Cut and Fill adalah suatu progres proses tanah dimana sejumlah material tanah diambil dari suatu daerah, kemudian diurug atau ditimbun di daerah lain. Tujuan progres cut and fill ini yakni mewujudkan permukaan tanah menjadi lebih rata sehingga memudahkan profesi pembangunan yang akan dilaksanakan di lahan hal yang demikian.

Apa sih yang membedakan cut and fill dengan pekerjaan tanah lainnya? Pekerjaan cut and fill ini yaitu memproses gali dan urug lahan pada lokasi yang sama yang menjadi target pengerjaan. Hanya saja, memang sebelum proses pengerjaannya dimulai, harus lebih dulu mempelajari dan memperhitungkan mengenai kondisi tanah yang menjadi lokasi cut and fill.

rab pekerjaan cut and fill xls, cara menghitung anggaran biaya pekerjaan cut and fill, rab cut and fill xls, harga cut and fill per m3 2019

Secara umum, cut and fill memiliki tujuan untuk:
  1. Mencegah penurunan permukaan tanah
  2. Meratakan permukaan tanah
  3. Menyangga bebatuan di zona tersebut agar tidak amblas
  4. Memberikan akses ke zona lain.

Baca Juga : Jenis Tanah untuk Bangunan

Aplikasi pelaksanaan cut and fill biasanya dilakukan saat pembukaan lokasi baru, misalnya saat pembangunan gedung baru, membuat pondasi dan pekerjaan sipil lainnya. Selain itu cut and fill juga dilakukan sebelum pengerjaan jalan.

Hal ini dilakukan untuk membuka jalan baru atau apabila struktur tanah yang akan dijadikan jalan rusak atau tidak rata. Cut and fill juga biasa diaplikasikan pada daerah penambangan. Pada area penambangan, bagian yang diambil adalah material alam yang berharga, kemudian bekas galian akan diisi dengan tanah untuk mencegah amblas dan ambruknya dinding penggalian.
Proses cut and fill umumnya dilaksanakan dengan mengaplikasikan alat-alat berat seperti backhoe, front shovel, dan clamshell. Tapi jika areanya tidak terlalu luas, progres cut and fill dapat dilaksanakan secara manual dengan tenaga manusia.
Sebelum melakukan cut and fill pada tempat tertentu, tentunya perencanaan yang matang diperlukan agar proses dapat terlakasana dengan baik.

rab pekerjaan cut and fill xls, rab cut and fill xls

Berikut perencanaan proses cut and fill
  • Peninjauan lokasi target

Peninjauan lokasi berguna untuk mengetahui detail lokasi pengerjaan. Hal-hal seperti tempat, akses jalan, kondisi lingkungan, kondisi tanah, prasarana dan informasi pendukung lainnya.


  • Pengukuran lahan

Pengukuran lahan dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan alat seperti thedolite dan GPS. Tujuannya adalah untuk mengetahui secara pasti kontur tanah dan batas lahan di lokasi target.

urugan tanah bahasa inggris, harga urugan tanah per m3 2019, tanah urugan gratis, harga urugan tanah per m3 2019 Malang, urugan tanah kembali, pengurukan tanah tts, harga borongan urugan tanah

  • Pengolahan data survei dan perencanaan lahan

Setelah mendapatkan data melalui survei lokasi, selanjutnya adalah mengolah data dan menyajikannya dalam bentuk visual. Hal ini dilakukan guna mempersiapkan proses perencanaan biaya dan perencanaan pembangunan agar lebih mudah. Nantinya hasil survei akan dijadikan sebagai patokan atau dasar dari pembangunan yang akan dilakukan.


EmoticonEmoticon