Tips Hemat Belanja Bahan Bangunan Rumah Minimalis

Tips Hemat Belanja Bahan Bangunan Rumah Minimalis
Di Zaman serba modern ini, kebutuhan akan rumah terus mengalami peningkatan karena sejatinya rumah memang kebutuhan primer untuk siapapun juga.

Untuk mengatasi keadaan seperti ini kini telah banyak dikembangkan perumahan yang sudah siap untuk dihuni dengan harga yang cukup terjangkau.

Namun meski begitu, banyak juga yang tidak tertarik untuk membeli rumah yang sudah siap huni dengan berbagai alasan dan memilih untuk membeli bahan bangunan rumah minimalis sendiri dan kemudian membangun atas inisiatif sendiri.

Hal ini sebetulnya tidak salah karena memang semua orang memiliki rumah idamannya masing-masing dengan desain yang pastinya berbeda.

Membangun rumah sendiri memang bisa menjadi cara tepat memiliki rumah, namun ada baiknya jika Anda lebih teliti ketika berbelanja bahan bangunan dan proses pengerjaannya sehingga bisa menghemat dana. Jangan sampai nantinya rumah belum jadi justru uang sudah habis lebih dulu.

Untuk itu, berikut ini beberapa tips berbelanja bahan bangunan rumah minimalis sehingga bisa lebih hemat:

1.    Buat perencanaan pembangunan
Yang pertama adalah dengan membuat perencanaan terkait pembangunan rumah Anda mulai dari dana, ukuran hingga target waktu pembangunannya.

Rencana ini bisa digunakan nantinya sebagai patokan dalam pembangunan rumah Anda tersebut. Meski memang ada kemungkinan kenyataan bisa juga melenceng dari rencana,

Namun dengan adanya perencanaan awal, setidaknya akan ada panduan dan patokan untuk Anda sehingga meski melenceng pun tidak terlalu jauh.

2.    Memakai desain tipe minimalis
Untuk menghemat dana, Anda juga perlu bisa lebih kreatif lagi, salah satunya dengan membuat rumah berdesain yang minimalis namun bisa multifungsi.

Desain rumah yang minimalis cenderung lebih efisien dengan penggunaan bahan bangunan yang lebih sedikit namun tidak meninggalkan estetikanya karena memang rumah minimalis kini sedang populer.

3.    Bentuk bangunan
Bentuk bangunan nantinya akan berpengaruh terhadap kesulitan dalam pembangunan dan kebutuhan dalam bahan bangunan yang ada.

Rumah dengan bentuk persegi atau persegi panjang tentu lebih muda untuk dibangun sehingga bisa meminimalisir biaya yang ada nantinya dibanding bentuk rumah lainnya.

4.    Riset harga bahan bangunan
Setelah memiliki rencana matang akan pembangunan rumah disertai dengan bahan bangunan yang dibutuhkan,

Anda juga perlu melakukan riset terlebih dulu terkait harga pasaran dari bahan bangunan yang ada. Sebelum menentukan akan beli di toko mana,

Sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dulu harga di pasaran dan kemudian membandingkan dari toko ke toko lain sehingga bisa menemukan harga untuk material yang terjangkau dengan anggaran yang Anda miliki.

5.    Selektif dalam memilih tukang
ketika membangun rumah sendiri, maka Anda butuh tukang atau juru bangunan untuk melaksanakannya. Mereka yang nantinya akan meracik semua bahan bangunan menjadi bangunan yang bisa ditempati.

Peran tukang ini begitu vital sehingga Anda harus bisa memilih tukang yang tepat sehingga tidak merugikan Anda. Ada baiknya memilih tukang yang sudah profesional dan sudah berpengalaman sehingga penyelesaian pekerjaan bisa dilakukan secara maksimal.

Itulah beberapa tips bagi Anda yang berencana untuk membangun rumah sendiri. Jika Anda merasa belanja bahan bangunan rumah minimalis sendiri cukup sulit, maka Anda bisa menyerahkan tugas ini pada tukang yang Anda pekerjakan.

Namun pastikan untuk memilih tukang yang memang jujur dan dapat dipercaya karena dana Anda sangat berharga ketika membangun rumah sehingga setiap rupiahnya harus dialokasikan secara maksimal.


EmoticonEmoticon