Inilah Spesifikasi Bahan Bangunan Rumah dengan Kualitas Baik

Inilah Spesifikasi Bahan Bangunan Rumah dengan Kualitas Baik
Ketika Anda berencana untuk membeli rumah, maka pasti yang pertama Anda lihat adalah bentuk dari rumah tersebut secara fisik serta lokasinya. Selanjutnya, dari desain rumah dan tata ruangannya.

Kemudian berlanjut lagi ke kecocokan hati yang kemudian baru bisa menentukan apakah Anda cocok atau tidak dengan rumah tersebut. Namun jarang sekali ada pembeli yang berinisiatif untuk menanyakan terkait spesifikasi bahan bangunan rumah tersebut, padahal hal ini penting sekali.

Secara umum, Spesifikasi bahan bangunan rumah itu sendiri bisa diketahui dengan melihat dan menanyakan secara jelas terhadap pihak penjual, diantaranya:

1.    Ukuran tanah baik panjang dan lebarnya dengan luasnya dalam meter persegi.
2.    Ukuran rumah baik panjang dan lebarnya dengan luasnya dalam meter persegi.
3.    Pondasi rumah yang biasa terbuat dari batu kali.
4.    Struktur rumah yang biasa dibangun dari konstruksi beton bertulang.
5.    Dinding dengan pasangan batu bata, plester serta finishing keseluruhannya.
6.    Lantai rumah secara keseluruhan baik lantai kamar mandi dan lantai ruangan lain, apakah keramik atau jenis lain.
7.    Dinding kamar mandi juga perlu diketahui spesifikasinya.
8.    Atap dengan rangka dan penutupnya.
9.    Pintu dan jendela disertai sumber airnya.

Daftar dari spesifikasi bangunan ini bisa bertambah dan juga berkurang sesuai dengan kondisi rumah yang ada misalnya saja bila dilihat dari segi harga dan faktor lainnya. memang mencari rumah idaman sesuai dengan spesifikasi terbaiknya tidak mudah.

Namun jika Anda merasa kurang cocok dengan spesifikasi rumah yang ada, maka ada baiknya untuk membeli bahan bangunan untuk pembangunan rumah Anda sendiri sehingga bisa dilihat dari segi kualitasnya.

Jika Anda berencana untuk membeli bahan bangunan tersebut sendiri, maka berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

1.    Segi biaya - Biaya ini merupakan faktor yang terpenting dan harus diperhatikan ketika Anda akan memilih bahan bangunan yang akan dipakai untuk membuat rumah.

Ketika melihat bahan bangunan, maka Anda pasti bisa menyadari bahwa semakin bagus kualitas dari bahan bangunan, maka semakin mahal pula harganya.

2.    Estetika - Keindahan dan penampilan tentu menjadi hal yang juga penting ketika pemilihan bahan bangunan. Sesuaikan jenis bahan bangunan dengan konsep rumah yang ada sehingga dari segi biaya juga bisa dipertimbangkan.

3.    Tempat - pertimbangkan juga terkait masalah tempat yang bisa dijadikan arena pembangunan dimana lokasi ini nantinya akan berhubungan langsung dengan bahan bangunan yang dibutuhkan karena cuaca juga bisa mempengaruhinya.

4.    Daya tahan - terdapat beberapa bangunan yang bisa bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan bahan lain. Untuk itu, pastikan pilih bahan bangunan yang tahan lama sehingga tepat untuk bangunan Anda.

Ada baiknya untuk mengkonsultasikan dengan orang yang ahli sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

5.    Pemasok - dari segi pemasok bahan bangunan pun perlu dipikirkan secara matang yang bisa berkaitan langsung dengan kualitas bahan bangunannya. Pilihlah pemasok yang memang sudah Anda kenal sebelumnya sehingga Ia bisa memastikan pilihan bahan bangunan yang Anda butuhkan.

6.    Ketersediaan - ada juga pengaruh ketersediaan untuk bahan bangunan tersebut. Waktu pembangunan nantinya bisa berbanding lurus dengan ketersediaan bahan bangunan sehingga Anda perlu memikirkan waktu yang tepat dan sesuai.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait spesifikasi bahan bangunan rumah dan tips untuk membeli bahan bangunan sendiri. Jika Anda merasa kurang ahli dalam memilih bahan bangunan yang tepat, maka Anda bisa minta rekomendasi terhadap ahlinya.



EmoticonEmoticon