Inilah Daftar Bahan Bangunan untuk Rumah Tingkat Impian Anda

Inilah Daftar Bahan Bangunan untuk Rumah Tingkat Impian Anda
Rumah menjadi kebutuhan untuk semua orang. Seiring dengan kebutuhan yang banyak, tak heran jika harga rumah terus saja meroket. Meski begitu banyak juga yang kini sedang bingung untuk berbelanja bahan bangunan untuk rumah idaman mereka.

Mengingat daerah perkotaan kini sudah terbatas akan lahan, maka rumah tingkat pun menjadi opsi sehingga tanah yang dibutuhkan bisa lebih sedikit. Bahan bangunan untuk rumah tingkat sendiri sama dengan bahan bangunan pembangunan rumah biasa.

Berikut ini daftar bahan bangunan untuk rumah tingkat impian Anda yang harus dipersiapkan, yaitu:

1.    Batu kali
Tahapan awal untuk pembuatan rumah adalah dengan membuat pondasi. Untuk pondasi rumah tingkat biasanya dibutuhkan pondasi cakar ayam.

Biasanya untuk pondasi ini diperlukan bahan bangunan berupa batu kali karena lebih kuat jika dibandingkan dengan pondasi lainnya. Namun Anda juga bisa menggunakan batu bata atau batu gunung sebagai alternatifnya.

2.    Semen
Semen ini akan berfungsi sebagai perekat untuk membangun rumah mulai dari pembuatan pondasinya, dinding, beton, plesteran dan masih banyak lagi. Anda perlu mempersiapkan semen dalam jumlah cukup besar mengingat rumah yang akan dibangun adalah rumah tingkat.

3.    Pasir
Pasir ini dipakai sebagai campuran untuk semen. Pasir yang berkualitas adalah pasir dengan kandungan lumpur yang sedikit sehingga bisa terikat dengan semen secara lebih maksimal. Untuk jenis pasir sendiri terdiri dari beragam jenis yang memiliki fungsi masing-masing.

4.    Gamping
Gamping ini merupakan campuran untuk pasir dan semen. Meski memang gamping juga kadang tidak dipakai dalam adukan untuk semen dan pasir, namun gamping ini bisa dipakai untuk menghemat penggunaan semen.

5.    Baja
Baja adalah bahan untuk penguat sebuah rumah. Bagian rumah yang perlu baja diantaranya bagian sloof di pondasi, kolom untuk penguat dinding dan sering di bagian pojokan serta ring balok yang pembuatannya ada di bagian atas dinding.

6.    Krikil
Krikil ini adalah batu kecil yang biasa dipakai dalam pembuatan beton bersama dengan semen dan pasir untuk mengisi di kolom. Untuk memilih kerikil yang baik, Anda bisa memilih yang berat dan keras. Hindari juga memilih batu apung berongga banyak dan enteng.

7.    Batu bata merah
Selanjutnya ada juga batu bata yang dibutuhkan dalam pembuatan untuk dinding di rumah. Anda bisa memilih batu bata yang berkualitas dengan ciri keras, ukurannya sama dan tidak mudah pecah.

8.    Batako
Banyak yang berfikir jika batu bata adalah sama dengan batako. Namun kedua benda ini berbeda. Batako terbuat dari pasir dan semen dengan warna abu-abu tanpa proses pembakaran seperti halnya pada batu bata.

Kelemahan dari batako ini adalah bisa menyerap panas sehingga rumah berbatako cenderung panas ketika siang hari.

9.    Kayu
Kayu kerap digunakan untuk gawang, reng genteng hingga kusen pintu jendela dan bagian rumah lainnya. Banyak juga rumah yang menggunakan kayu sebagai dinding rumahnya. Kayu yang berkualitas adalah kayu yang kering.

10.    Genteng
Atap rumah di Indonesia kebanyakan memakai genteng dan terbuat dari tanah liat karena membuat dalam rumah bisa lebih terasa dingin ketika siang hari. Namun ada juga genteng metal atau asbes sebagai alternatif selanjutnya.

Itulah beberapa bahan bangunan untuk rumah tingkat yang utama. Masih banyak lagi bahan bangunan lain yang juga Anda butuhkan dan bisa melengkapinya sambil pembangunan berjalan.

Hasil Pencarian :


EmoticonEmoticon