Manfaat Batu Bata Merah Dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Batu Bata Merah Dalam Kehidupan Sehari-hari sebagai bahan konstruksi sangatlah banyak. Sampai saat ini pengaplikasiannya masih betul-betul populer sebagai bahan baku dinding oleh hamper seluruh masyarakat Indonesia.

Salah satu keuntungan menggunakan batu bata merah adalah mempunyai adhesi (kekuatan rekat) yang betul-betul kuat dari adukan semen dan pasir. Hal ini menyebabkan dinding yang terbuat dari batu bata merah mempunyai struktur yang kuat dan kokoh.


Manfaat Batu Bata Merah Dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain itu, batu bata merah adalah salah satu yang paling banyak diterapkan untuk bahan membuat dinding rumah atau bangunan. Hal ini dikarenakan batu bata merah telah teruji kekuatannya dan untuk mendapatkannya sangatlah tidak sulit.

Batu bata merah tersedia dalam berbagai ukuran, lazimnya mempunyai panjang 18 cm, lebar 8 cm dan tinggi 8 cm. Ada pula yang panjangnya 18 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 5 cm.


Sistem pemasangan batu bata merah tidaklah susah, asal tukang bangunan Anda mempunyai pengalaman dan pemahaman dasar perihal mendirikan dinding dengan benar.

Batu bata merah yang dimaksud yaitu bata yang berbahan dari tanah yang dicetak kemudian dibakar dengan temperatur tinggi sehingga menjadi benar-benar kering, mengeras dan berwarna kemerah-merahan.

Manfaat Batu Bata Merah Dalam Kehidupan Sehari-hari

Tanah yang digunakan untuk membuat batu bata merah bukanlah sembarang tanah, tetapi tanah yang agak liat sehingga dapat menyatu saat proses pencetakan. Sebab itulah, rumah yang dindingnya dibangun dari material bata merah akan terasa lebih nyaman dan lebih tahan terhadap api.

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Global Mapper untuk Penghitungan Cut and Fill

Di bawah ini ada sebagian manfaat batu bata merah sebagai bahan baku pembuatan dinding untuk rumah minimalis Anda, diantaranya adalah:


  • Ukurannya yang kecil sangat mudah dalam proses pengangkutan
  • Tahan panas, sehingga bisa menjadi perlindungan kepada api
  • Dari segi struktur memiliki daya yang tinggi dan tahan lama dibandingkan dengan batako
  • Gampang memasangnya sebab tukang bangunan tidak harus mempunyai keahlian khusus
  • Pada pekerjaan yang lebih kecil atau sempit, lebih mudah dan cocok memakai material ini


Manfaat Batu Bata Merah Dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Mudah diperoleh dimana saja
  • Lebih nyaman dari segi temperatur ruangan sebab dapat menyesuaikan dengan temperatur luar
  • Jarang terjadi retak-retak pada dinding
  • Tak memerlukan lem yang khusus
  • Dari segi harga per buah memang lebih murah tetapi tentu sepatutnya dihitung per satuan luas.
Hasil Pencarian : batu bata ekspos, batu bata hebel, macam macam batu bata, pengertian batu bata, batu bata merah oven, cara pemasangan batu bata, ukuran batu bata, dinding batu bata tanpa plester

Share this

Add Comments


EmoticonEmoticon